Minggu, 21 April 2013

Kenapa harus kiri?




Pernahkah terlintas di benak kalian mengapa saat kita berkendaraan atau berjalan harus berada di lajur sebelah kiri?. Itu sama sekali tidak pernah terjadi dalam benak saya. Hahaha. Sebenarnya postingan ini hanya menjawab pertanyaan anak TK (adek sepupu ane sih) yang waktu itu tanpa sengaja saya dengar dari perbincangan antara ia dengan ibunya yang sepenggal kalimatnya seperti ini "Kenapa Jalannya sebelah kiri, Bu? katanya yang baik-baik itu kanan"
Saya jadi agak mikir dan terbesit, ia juga sih kata tu bocah ada benernya. Sialnya kenapa saya yang udah setua ini malah tidak mau tahu? 
Ok, akhirnya saya coba cari tahu.




Perlu kalian ketahui bahwa di dunia ini terdapat dua aturan atau standar dalam berkendaraan yaitu left-driving countries dan right-driving countries.

Left-driving countries adalah aturan negara yang warga negaranya menggunakan lajur kiri jalan untuk berkendara, sehingga posisi setir atau kemudi pada mobil ada di sebelah kanan. Contoh paling gampang adalah yang berlaku di Indonesia. Negara lainnya yang menganut sistem yang sama adalah United Kingdom (Britania Raya), Jepang, Australia, India, Singapura, dan Malaysia (sebenarnya masih banyak lagi).
Asal-usul penggunaan kemudi di sebelah kanan ini sendiri diperkirakan berasal dari kebiasaan Ksatria di kerajaan Inggris semasa perang yang memakai kereta perang, agar memudahkan ketika akan beradu pedang dengan musuhnya yang ada di sebelah kanan (sisi pedang), karena biasanya orang menggunakan tangan kanannya untuk menggenggam pedang. Dari kebiasaan penggunaan kereta perang tersebut kemudian dilanjutkan dengan peletakan kemudi pada mobil.

Sebaliknya right-driving countries adalah aturan negara yang warga negaranya menggunakan lajur kanan jalan untuk berkendara, sehingga posisi setir atau kemudi pada mobil berada disebelah kiri. Contoh Amerika Serikat, mayoritas negara Eropa (kecuali Britania Raya), dan China.
Ternyata Indonesia tergolong minoritas di dunia dalam menggunakan lajur kiri jalan alias left-driving countries.

Kira-kira seperti itu kronologisnya menurut beberapa sumber yang saya jadikan referensi mengapa kita selalu berjalan di sebelah kiri.


Sumber : https://youtu.be/qJScfFaOvuI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar